Wabah-wabah Virus Mematikan yang Menyerang Bumi

1. The Great Plague of Marseille – 1720
Wabah penyakit PES yang disebabkan oleh infeksi bakteri yersinia pestis. Penyakit ini menular dari hewan kepada manusia lewat serangga. Penyakit tersebut merupakan bawaan dari beberapa negara di Eropa hingga akhirnya sampai di Marseille, Prancis, pada tahun 1720.

Pada tahun yang sama penyakit PES telah membunuh sekitar 100.000 orang di kota maupun provinsi di sekitarnya. Setelah penyakit itu menyerbu kota, rumah sakit di sana menjadi penuh dan sesak karena banyaknya pasien. Namun pihak rumah sakit tidak mampu mengatasi semua pasien yang pada akhirnya ribuan mayat banyak berserakan begitu saja di sekitar kota

2.First Cholera Pandemic – 1820

Kolera merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh Vibrio Cholerae. Bakteri tersebut biasanya hidup di perairan asin dan hangat. Asal-usul penyakit ini berasal dari negara India.

Pada tahun 1820 kolera telah menyebar ke Thailand, Indonesia yang menewaskan 100.000 orang di pulau Jawa saja, dan Filiphina. Tidak lama kemudian, penyakit ini juga tersebar ke seluruh Eropa.

3. The Spanish Flu – 1920

Wabah influenza mematikan yang belum pernah diketahui sebelumnya. Menyerang Kanada pada tahun 1918-1920. Pandemi (penyakit yang menyebar secara serempak di suatu wilayah tertentu) penyakit itu telah menewaskan 55.000 orang di Kanada.

Pada tahun yang sama kekacauan pun mulai meledak, banyaknya orang terkena penyakit membuat para bantuan medis bekerja sekuat tenaga untuk memastikan pasien yang terkena penyakit flu termasuk keluarga mereka bisa selamat dari penyakit mematikan tersebut.

Positifnya, kejadian flue spanish merupakan salah satu lonjakan kebangkitan Kanada dalam bidang medis, sebab pada tahun 1919 mulai dibentuknya Departemen Kesehatan Federal.

4. Virus Corona – 2020

Corona mulai terdengar pada akhir tahun 2019 di Wuhan, Cina. Virus ini mulai tersebar dengan cepat setelah memasuki pertengahan bulan Januari 2020. | helb | DBS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *